Gejala Penyakit Gula (Diabetes Melitus) atau Kencing Manis

Diabetes melitus sering sekali disebut dengan penyakit gula atau kencing manis. Ini termasuk penyakit berbahaya yang banyak menyerang masyarakat suku Asia, terutama di Indonesia sendiri menempati podium pertama sebagai penderita terbanyak.

Munculnya diabetes bisa disebabkan karena beragam faktor. Mulai dari pola hidup yang kurang sehat, konsumsi banyak gula, sampai dengan keturunan alias genetik. Nah bagi Anda yang ingin tau gejala diabetes melitus silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus atau Kencing Manis

gejala diabetes melitus atau kencing manis

gejala penyakit diabetes melitus secara umum

  1. Kebas

Apakah Anda sering mengalami mati rasa? Kebas di bagian jari tangan atau kaki bisa menjadi salah satu gejala diabetes melitus. Kondisi seperti ini dapat muncul disebabkan karena gula yang terlalu tinggi mengakibatkan penghambatan pada saraf saat mengirim sinyal.

  1. Luka sulit sembuh

Gejala penyakit gula selanjutnya adalah terbentuknya luka yang sangat sulit sekali untuk sembuh. Sulit sembuhnya luka dapat disebabkan karena kadar gula berlebih menghambat proses pembekuan darah. apabila kondisi ini disertai dengan infeksi tetanus, maka tindakan amputasi mungkin sangat diperlukan untuk mencegah pembusukan.

  1. Penglihatan menjadi kabur

Gejala diabetes terakhir adalah penglihatan mata menjadi kabur. Kondisi semacam ini disebabkan karena gula berlebih menumpuk di bagian pembuluh darah, sehingga dapat menghambat sistem peredaran darah ke bagian mata. Namun tak perlu cemas, sebab penglihatan akan kembali ke normal apabila gula darah turun.

Itulah beberapa gejala penyakit diabetes melitus yang bisa kami sajikan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam!

Leave a Reply