Gejala Demam Berdarah Pada Anak-Anak dan Dewasa

Demam berdarah dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, baik itu orang kaya ataupun miskin memiliki prosentase yang sama. Munculnya DBD disebabkan karena virus yang ditularkan oleh nyamuk demam berdarah.

Gejala tanda demam berdarah (DBD)

Gejala tanda demam berdarah (DBD)

Apabila terlambat ditangani demam berdarah akan sangat berisiko menyebabkan penderita kehilangan nyawa (mati). Berikut beberapa gejala demam berdarah pada anak dan dewasa yang patut anda waspadai.

Tanda-tanda Demam Berdarah Pada Anak dan Orang Dewasa

Demam tinggi lebih dari 4 hari

Gejala DBD pertama adalah munculnya demam tinggi lebih dari 3-4 hari. Hampir 90 % penderita demam berdarah mengalami demam ini. Berbeda dengan demam pada umumnya, demam ini cenderung bersiklus.

Demam akan meninggi selama 4 hari terakhir, kemudian kembali sembuh, dan tinggi lagi atau bahkan lebih parah. Jika mengalami gejala semacam ini sebaiknya anda langsung konsultasikan kepada ahlinya.

Nyeri, pegal, dan lemas

Gejala demam berdarah berikutnya adalah munculnya nyeri, pegal, dan lemas. Pegal dan lemas disebabkan karena jumlah trombosit dalam tubuh menurun cukup drastis, sedangkan nyeri muncul disebabkan karena pengaruh dari virus.

Apabila kondisi trombosit tak stabil selama beberapa minggu maka akan sangat buruk bagi kondisi kesehatan penderita. Tak hanya menyebabkan pusing dan pingsan saja, tetapi menyebabkan kehilangan nyawa.

Demam berdarah termasuk penyakit berbahaya yang harus mendapatkan penanganan secepatnya. Karena jika tidak akan mengancam nyawa. Itulah beberapa gejala demam berdarah yang bisa kami share. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply