Cara membuka mata batin dengan cepat menurut islam

Mata batin dikenal juga dengan sebutan indra ke enam atau sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melihat hal-hal ghaib yang tidak bisa dilihat dengan mata lahir dan hanya bisa terlihat dengan mata batin. Bagi mereka yang memiliki kemampuan seperti itu selalu dikaitkan dengan orang-orang sakti dan linuweh. Pada umumnya mereka akan mengetahui hal-hal yang diluar nalar manusia, seperti kemampuan melihat masa depan atau hal yang sudah terjadi pada masa lampau.

Padahal kemampuan semacam itu sudah diwarisi oleh setiap insan sejak lahir. Hanya saja sifat keduniawian yang telah membuatnya redup dan tidak bersinar. Oleh karena itu untuk kembali memiliki kemurnian dan kesucian hati tergantung pada keinginan masing-masing dan juga diperlukan tindakan dan lelaku yang tidak ringan dalam arti bahwa seseorang harus benar-benar kembali kepada kodratnya sebagai seorang hamba, meninggalkan larangannya dan menjalankan segala perintahnya dengan baik.

cara membuka mata batin dengan benar menurut Islam

cara membuka mata batin dengan benar menurut Islam

Cara Membuka Mata Batin

Melakukan ritual atau ibadah secara kontinue dan istiqamah adalah salah satu cara membuka mata batin sehingga hati kembali bersih tanpa noda layaknya sebuah kaca bening jauh dari kotoran sehingga tidak ada lagi halangan untuk memantulkan bayangan dan kemilau yang ada didalamnya. Seseorang dengan hati yang bersih dan suci tak hanya akan memiliki kemampuan melihat hal-hal ghaib tapi juga akan merasakan kenikmatan dan ketentraman jiwa yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Mereka yang memiliki mata batin adalah tanda kebersihan dan kemurnian hati sehingga akan tercermin dalam setiap perilaku dan perbuatannya yang selalu terkendali terutama dari hal-hal negatif serta memiliki rasa welas asih yang tinggi dan bijaksana.

Namun yang menjadi kendala untuk membuka mata batin, sulitnya lepas dari usaha mementingkan diri sendiri, masih senang memelihara keserakahan, kedengkian, ketamakan, kikir dan jauh dari sifat welas asih baik pada sesama atau makhluk lainnya. Urusan duniawi selalu menjadi prioritas sehingga mengabaikan sang pencipta sebagai sandaran dan penentu baik buruk manusia dalam hidup. Jika hal itu masih mewarnai tentu akan sulit untuk mencapai tingkatan batin yang bersih.

Amalan Cara Membuka Mata Batin

Amalan atau bacaan khusus untuk membuka mata batin bukan sebuah prioritas melainkan hanya sarana yang bisa digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam mensucikan diri, tanpa amalan atau bacaan sekalipun asal telah menjalankan ibadah sesuai ketentuan dengan sendirinya mata batin akan terbuka.

Beberapa tahapan yang harus dilakukan dan sebenarnya merupakan kewajiban bagi setiap seorang untuk di jalankan diantaranya :

Tidak pernah meninggalkan ibadah sahalat 5 waktu wajib dalam kondisi apapun

Tidak pernah meninggalkan shalat malam dalam konsisi apapun

Tumbuhkan rasa kasih sayang pada sesama atau makhluk lain

Tanamkan welas asih dalam diri

Memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap orang lain

Suka memberi atau bersedekah

Selalu bersikap rendah hati dalam setiap keadaan

Hilangkan sifat amarah, iri dan dengki

Letakkan kepentingan orang lain diatas kepentingan pribadi

Hindari makanan yang tidak halal

Bersih dari segala prasangka buruk terhadap orang lain

Dan masih banyak lagi yang harus dilakukan berkaitan dengan hal-hal yang bersifat kebaikan

Jika sudah bisa menjalankan hal-hal tersebut, dalam waktu tidak lama akan merasakan manfaat yang luar biasa, diantaranya adanya kenikmatan dan ketentraman yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Langkah cara membuka batin selanjutnya adalah mengasah diri dan mempertahankan kemurnian hati agar ketajaman mata batin tetap terpelihara dalam diri sepanjang hidup melalui doa-doa atau bacaan sebagai sarana berkomunikasi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, Misalnya membaca shalawat 100 kali, istighfar 100 kali, Alfatihah 100 kali setiap selesai sholat malam dan lakukan secara istiqomah.

Leave a Reply